Tutorial Cara Install Composer Secara Visual di macOS

Panduan instalasi Composer PHP secara visual, tutorial step by step disertai screenshoot disesuaikan untuk pemula dan mahasiswa.

Ilustrasi composer matrix style.
Ilustrasi composer matrix style. ( Bing Image Creator / Bg by Pixabay )

Seperti yang dilustrasikan home page getcomposer.org. Seorang berambut hijau dengan kedua tangannya diangkat ke atas, jari tengahnya ngode 🖕. Jari manis dan ibu mengapit tongkat dirigen, telapak kiri menandai detik-detik sebuah pertunjukan segera dimulai.

Dengan penuh penghayatan, seorang komponis berbaju merah memimpin orkestrasi sebuah komposisi yang melibatkan routing, eloquent ORM, middleware, authentication, migrations, validation, caching dan artisan command-line tool lainnya.

Hah.. 😱 Komposisi musik apaan ini.

Ya. Tulisan ini tidak menjelaskan tentang sebuah konser musik orkestra hasil komposisi ala komposer Adie Ms 🎻.

Composer PHP Logo

Tapi sedang menjelaskan sebuah tool orkestrasi manajemen PHP Packages Dependency—sebuah proyek development yang bergantung pada sejumlah pustaka dan beberapa dari pustaka tersebut bergantung pada pustaka lain.

Itulah yang disebut PHP composer.

🔥 Apa itu Composer

Composer adalah sebuah tool untuk manajemen dependency atau paket-paket library dari keluarga PHP yang berjalan di banyak sistem operasi seperti macOS, Windows, Unix BSDian dan Linux berserta turunnannya.

Mudahnya, composer itu seperti NPM-nya NodeJs.

Kenapa butuh composer? Kalau ingin mengembang sebuah projek skala besar menggunakan framework Laravel misalnya, maka diharuskan install composer.

Karena Laravel terdiri dari berbagai komponen, plugin, dan pustaka yang terpisah, diperlukan ‘seorang komponis’ untuk mengatur komposisi paket yang saling bergantung berjalan secara harmoni.

Oya, dari laman resmi getomposer.org menyebutkan, Composer bukan manajer paket layaknya APT dan YUM Linux. Intinya memang sama-sama berurusan dengan manajemen paket atau pustaka, tapi composer fokus mengelola paket dalam sebuah folder projek development.

Secara default, Composer tidak melakukan instalasi global. Oleh karena itu, ia berfungsi sebagai manajer dependensi.

Composer dikembangkan oleh Nils Adermann dan Jordi Boggiano yang terinspirasi dari NPM (NodeJS) dan Bundler dari (Ruby).

🔌 System Requirements

Versi terbaru Composer—saat tutorial ini ditulis—adalah 2.6.5, memerlukan PHP dengan versi minimal 7.2+.

Nah, bagaimana bila terjebak dengan PHP versi lama, PHP 5 sebagaimana sering terjadi pada server server PHP milik pemerintah, tenang Composer versi 2.2x masih mendukung PHP 5.3.2+.

Jadi, requirement di atas adalah untuk menginstal Composer melalui CLI dan PHP 7.2+ harus sudah terinstal di server terlebih dahalu.

Nah, bagaimana bila PHP run melalui aplikasi seperti XAMPP atau MAMP. Maka caranya installasinya secara manual berikut ini.

💽 Cara Install Composer secara Visual

Sebenarnya, cara install Composer itu mudah, cukup copy-paste beberapa baris CLI Terminal seperti yang di instruksikan laman dokumentasi Composer, Done.

Untuk pemula yang masih alergi dengan tampilan aplikasi Terminal CLI bernuansa dark.

Berikut cara install Composer ala designer yang pernuh dengan nuansa visualisasi GUI berikut ini:

Step 1 — Donwload Composer

Untuk mendownload composer versi terbaru kunjungi lama https://getcomposer.org/download/. Scroll kebawah hingga jumpa subtitle Manual Download.

Link download composer.

Step 2 — Pindahkan File Composer.phar

Untuk menginstall composer, pindah atau copy dululu file composer.phar tersebut ke direktori /usr/local/bin/ macOS, sedangkan untuk os Unix/Linux ngak jauh beda.

Composer.phar

Caranya buka jendela Finder macOS. Setelah itu, tekan tombol kombinasi ( ⌘ + Shift + . ) dot/titik untuk tombol terakhir.

Fungsi tombol tersebut untuk menampilkan beberapa direktori dan file-file bin yang secara default tersembunyi dibalik tirai. Biasanya, direktori /usr/ dan lainnya berisi file binari paket instalasi atau konfigurasi dari sisi local/user atau bukan instalasi secara global dari sisi file sistem.

Kemudian, klik menu GoComputer atau tekan tombol kombinasi ( ⌘ + Shift + C ).

Lokasi folder instalasi file composer.phar

Drag file composer.phar dari folder Download ke ke lokasi folder /usr/local/bin/.

Step 3 — Registrasi Path Environment Variable

Sebagaimana biasanya menginstall sebuah file .bin atau tooling kecil lainnya dari sisi local atau user komputer, maka tool tersebut harus di register dulu, supaya OS tahu, bahwa ada tools composer.phar yang baru di-insert ke dalam direktori bin, sehingga bisa run composer secara global dimana saja di bawah sistem operasi.

Proses registrasinya sama seperti yang sudah ditulis di posting ‘cara install hugo di windows’ atau ‘cara install java’, yaitu menambahkan satu baris kode variable composer pada sisi bash shell via file ~/.bash_profile.

# variable composer
alias composer="php /usr/local/bin/composer.phar"

Biasanya, untuk membuat atau menanbah bin path variable melalui perintah:

$ nano ~/.bash_profile

Karena tutorial ini, mengharuskan proses step by step secara gui atau visual, maka menambah variable composer ke dalam file .bash_profile, buka kembali jendela Finder, cari file .bash_profile yang berada di root user macOS. Bila file tidak tampil atau tersembunyi, tekan lagi tombol kombinasi ⌘ + Shift + . sehingga tampak seperti screenshot berikut ini:

Composer variable environment

Open file .bash_profile melalui app text editor VS Code favorite kalian. Kalau saya mengedit via Sublime Text.

Tambahkan baris kode variable composer seperti berikut ini:

Edit file .bash_profile

Selanjutnya, jangan lupa simpan atau tekan ⌘ + S 💾.

Nah, bagaimana bila .bash_profile belum pernah dibuat sebelumnya. Berarti cukup buat file baru melalui text editor, paste baris kode variable komposer:

New file .bash_profile

Save as ke root folder user macOS, dan berinama nama file .bash_profile seperti screenshoot berikut ini:

Save file .bash_profile

Step 4 — Finishing

Untuk memeriksa instalasi composer secara visual sudah berhasil running atau belum dengan mengetik perintah composer --version melalui jendela Terminal.

Bila hasilnya tampak seperti gambar berikut ini:

Composer –version

Proses instalasinya berhasil dan selasai.

Bila tidak berhasil, jalankan perintah source ~/.bash_profile agar penambahan alias composer berfungsi.

Source .bash_profile

Troubleshooting

Sudah mengikut step-by step dari awal hingga akhir, composernya tidak berhasil run juga.

Coba ubah permission aksesnya dengan perintah berikut ini:

$ sudo chmod 755 /usr/local/bin/composer.phar

Bila belum ada solusi lainnya, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.

Terima kasih.

comments powered by Disqus
Fauzan My avatar

Ditulis oleh Fauzan My

Saya terobsesi dengan seni desain yang elegan dan sederhana, baik yang melibatkan proses kreatif rumit maupun yang sederhana. Di sini, saya menggabungkan keduanya, desain dan coding: mencari best practice.

Tulisan lainnya Fauzan My

Gambar oprimasi mesin pencari.
Menggali Lebih Dalam tentang Skema Microdata untuk SEO
Twitter Icon X di layar smartphone.
Icon Twitter X SVG Bootstrap
Visual Studio Code.
Problem solving: Hugo WARN Module is not compatible

Related Post