Mengganti icon 'Z' start menu Zorin OS
Cara mereplace icon Zorin dengan logo Apple.

Mengganti icon 'Z' start menu Zorin OS

Microsoft baru saja merelease Windows 11 dengan perubahan tampilan ke semula yang lebih sederhana. Buat pengguna Linux jangan berkecil hati, atas saran Bang Razi pengguna GNU/Linux sejati, untuk mencoba distro Zorin OS dengan aroma UI/UX layaknya Windows 11 maupun macOS.

Tak hanya antar muka grafis yang mewah, ternyata Zorin OS super duper ringan dan sangat smooth sekali. Bagi pemula pingin hijrah ke sistem GNU/Linux, Zorin OS adalah pilihan yang tepat.

Setelah melihat preview singkat, saya pun tertarik untuk menginstall Zorin OS. Anggap saja laptop tua yang masih setia dengan Xubuntu 18.04 Bionic Beaver yang baru saja dinyatakan end of life pada April 2021 lalu, perlu upgrade ke OS Linux versi baru.

Setelah berhasil install Zorin 15.3 dan merasakan GUI yang simplicity nan futuristic dengan tingkat kepuasan WOW BANGET, saya langsung bosan dengan icon “Z” start menu Zorin OS yang kaku BANGET?

Tak hanya saya saja yang pingin mengganti logo Z start menu Zorin OS dengan icon lain. Pengguna Zorin belahan dunia sebelah, malah langsung bikin thread ‘How do I change the start menu icon on Zorin OS?' di grup tanya jawab unix.stackexchange.com

Dari petunjuk jawaban pengguna StackExchange, hasil percobaan replace icon “Z” start menu Zorin malah tidak berhasil.

Tampilan desktop Zorin OS dengan icon start menu yang baru.
Tampilan desktop Zorin OS dengan icon start menu yang baru.

Step 1 : Finding the icon path folder

Setelah oprek sana-sini lebih dalam lagi dengan membuka satu-persatu folder tumpukan icon interface Gnome shell, ternyata path folder icon start menu berbeda lokasi setiap release version Zorin OS.

Versi Zorin OS sebelumnya, path folder icon ada di /usr/share/gnome-shell/extensions/[email protected]/

Untuk Zorin OS 15.3 lokasi icon Z start menu sudah move on ke folder khusus menu: /usr/share/gnome-shell/extensions/[email protected]/zorin-icon-symbolic.svg.

Nah…. Setelah ketahuan lokasi, just replace icon zorin-icon-symbolic.svg dengan icon lain yang kalian suka, tapi ingat nama filenya harus sama, yang berbeda cukup isi gambar di file .svg saja.

Step 2 : Convert your logo png to .svg file

Pada kasus ini, saya mencoba ganti dengan logo Apple, agak norak sih, tapi tampilan desktop jauh lebih cantik dan menarik di mata.

Untuk hasil yang sempurna, ukuran icon yang diganti juga harus mengikuti ukuran file asli zorin-icon-symbolic.svg yaitu 16x16 pixel.

Gunakan software grafis seperi Adobe Ilustrator, Corel Draw atau GIMP untuk membuat icon baru atau mengedit file icon vector “Z” berformat .svg.

Dari ukuran file 16x16 piksel, sisakan ruang kosong 2 pixel sebagai margin. Sisa 14 x 14 pixel untuk mengisi seluruh simbol logo.

Terakhir simpan icon yang sudah di edit dengan nama zorin-icon-symbolic.svg.

Merasa ribet untuk mengedit icon “Z” dengan icon Apple misalnya, silahkan clone atau download beberapa icon yang sudah saya edit sesuai format icon Gnome.

Step 3 : How to replace icon

Cara mengganti icon Z start menu Zorin OS.
Cara mengganti icon Z start menu Zorin OS.

Setelah itu cukup copy/paste saja icon tersebut melalui console terminal dengan perintah sebagai berikut:

sudo cp zorin-icon-symbolic.svg /usr/share/gnome-shell/extensions/[email protected]/

Setelah itu tinggal tunggu saja, icon akan berubah dengan sendirinya. Tidak sabaran iconnya berubah juga, re-login ulang atau restart OS sekalian.

Nah, cukup mudah bukan?

Tambahan

Mereplace icon yang sama dalam direktori /usr/share/gnome-shell/extensions/[email protected]/ akan merubah icon “Z” dalam jendela masuk start login, setelah booting.

Comment

comments powered by Disqus